Jumat, 23 April 2010

Jahe Datang, Mual pun Hilang

Assalamualaikum WW,


Hai kawan, kita semua tentu mengenal dan tidak asing dengan tanaman jahe, terutama bagi kawan-kawan yang biasa turun ke dapur. Jahe (Zingiber officinale Rosc.)  secara turun temurun selain digunakan sebagai bumbu masakan atau minuman,  juga dapat digunakan sebagai obat.
Sebagai obat yang digunakan dari tanaman jahe adalah Rimpang atau umbinya. Rimpang atau umbi Jahe berbau aromatik dengan rasa pedas menyegarkan. Selain itu, rimpang jahe mengandung flavoida, polifenol dan minyak asiiri.

Berdasarkan Daftar Komposisi Pangan Indonesia, yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Departemen Kesehatan tahun 1998, Kandungan gizi jahe dalam 100 gr terdiri atas : Energi 51 kal, Protein 1,5 g, Lemak 1 g, Karbohidrat 10,1 g, Kalsium 21 mg, Fosfor 39 mg, Besi 1,6 mg, Vit.A 30 SI, Vit,B1 0,02 cg, Vit.C 4 mg

Salah satu khasiat dari rimpang jahe adalah dapat menyembuhkan penyakit perut kembung yang disertai dengan  rasa mual, nafsu makan berkurang, perut terasa penuh, sebah , dan lain sebagainya yang biasanya sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil muda.

Menurut Dra.Lucie Widowati, Msi, Staf Puslitbang Farmasi dan Obat Tradisional, Depkes, Jakarta, dalam artikel yang ditulisnya di Majalah Intisari Menu Sehat edisi 07/Th.1/2005,  sudah sejak lama para dokter kandungan kerap menganjurkan pasiennya yang sedang mual dan muntah pada masa kehamilan trimester 1 untuk minum air atau teh Jahe. Dan beliau juga mengatakan bahwa Utami S dan Ponta D pada tahun 1998-1999 pernah menguji minyak atsiri jahe untuk menekan muntah pada burung merpati jantan yang diberi zat penyebab muntah. Hasilnya, jahe dapat menekan rasa muntah. Selain itu juga diceritakan bahwa ada seorang dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak di Adelaide, Australia juga pernah meneliti 288 wanita hamil. Sebagian dari mereka diberi jahe dan sebagian lagi diberi vitamin B6 yang dapat mengatasi mual dan muntah, dengan dosis 3 kali sehari selama 3 minggu. Hasilnya jahe ternyata mempunyai efek yang sama dengan vitamin B6.

Selain itu Prof.H. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya "Penyembuhan dengan Jahe" dan Fauziah Muhlisah & Sapta Hening dalam bukunya yang berjudul "Sayur dan Bumbu Dapur berkhasiat Obat" juga menyatakan bahwa jahe dapat dimanfaatkan untuk pengobatan perut kembung dan sakit perut. 

Nah kawan, ini beberapa resep penyembuhan dengan jahe untuk penyakit perut kembung


Resep Jahe Penghilang Mual
-----------------------------------    
- Cuci 15 gr rimpang jahe segar, bakar selama 15 menit, lalu memarkan. Seduh dengan 1 gelas air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk, lalu minum sekaligus.  

- 15 gr jahe + 5 gr kulit jeruk mandarin kering/jeruk keprok+ 3 butir angco (dibuang bijinya) + 3 butir kapulaga direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, ditambahkan madu secukupnya, airnya diminum selagi hangat   

- 10 gr jahe + 1 siung bawang merah dibakar hingga kehitaman, dikupas, ditumbuk hingga halus, ditambahkan 150 cc susu, diaduk rata, lalu diminum hangat-hangat. 

- 15 gr jahe + 5 gr biji pala + 5 lembar daun jinten + 15 gr serai + gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum selagi hangat.

Kawan itu adalah beberapa resep untuk menghilangkan perut kembung dan mual, walaupun sebenarnya masih ada banyak resep jahe lainnya untuk penyakit perut ini. Silahkan pilih salah satu dari resep tersebut diatas.

Sudah dulu ya kawan, sampai jumpa di entri saya berikutnya.

Wassalamualaikum WW, 

Ny.Hj.Alicce Hanafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar